Pengalaman Mengikuti Mini Course Digital Marketing dan Data Analytics dari RevoU

Saturday 20 May 2023

Digital Marketing dan Data Analytics merupakan dua bidang pekerjaan yang sedang hype dan banyak diminati. Bukannya tanpa alasan, kedua bidang tersebut memang sedang banyak dibutuhkan di banyak sektor mulai dari swasta, institusi pendidikan dan bahkan instansi pemerintahan. 

Peluang Pekerjaan Digital Marketing dan Data Analyst

pekerjaan digital marketing


Saat tulisan ini dibuat (20 Mei 2023), tercatat ada sekitar 500 lowongan baru untuk posisi digital marketing dan 2.000 lowongan data analyst di LinkedIn. Range gaji yang ditawarkan mulai dari 6 juta rupiah sampai 30 juta rupiah ke atas. Tergantung posisi dan tentunya jam terbang pengalaman selama bekerja di kedua bidang tersebut. Menggiurkan bukan?


Saya adalah satu dari sekian banyak orang yang tergiur untuk banting setir karir ke bidang digital marketing dan data analytics. Bukan hanya soal gaji atau sekedar FOMO (Fear of Missing Out) tapi kedua bidang tersebut juga banyak menawarkan posisi pekerjaan WFA (Work From Anywhere) alias bisa kerja dari mana saja yang menurut saya sebagai seorang ibu dari anak balita menjadi pertimbangan yang sangat penting. 

Berkenalan Dengan RevoU

Mungkin berdasarkan riwayat browsing di mesin pencari atau media sosial terkait karir di dunia digital marketing dan data analytics, tiba-tiba pada suatu siang ada iklan RevoU mampir di feed IG Story saya. 


Sat set langsung menuju website TKP dan akhirnya berkenalan dengan program course yang ditawarkan RevoU. Pikiran pertama yang terlintas ‘Wah mahal ya’. Scroll scroll klik klik, eh ada uji coba gratis belajar selama dua minggu, dapat sertifikat lagi. ‘Lumayan nih’. 


Tanpa pikir panjang saya langsung daftar uji coba kelas gratis bareng RevoU untuk bidang karir digital marketing. Uji coba kelas gratis ini lah yang kemudian dikenal sebagai Mini Course RevoU. 


Cara Daftar Mini Course RevoU

Untuk bisa mengikuti mini course RevoU ini, kamu bisa mengunjungi langsung website RevoU dan klik pada opsi Programs < Intro Programs < (Pilih sesuai bidang yang ingin diikuti). 


Di halaman tersebut sudah tertulis secara lengkap terkait jadwal pembelajaran, termasuk cakupan materi serta pemateri yang akan membersamai pembelajaran selama 2 minggu ke depannya. 


Klik Daftar Gratis untuk mendaftar, ikuti langkah-langkahnya, dan kamu akan diarahkan untuk membuat akun di Discord. Seluruh informasi dan diskusi seputar mini course akan dilakukan di Discord. 


Saya memutuskan untuk mengikuti Mini Course Digital Marketing terlebih dahulu kemudian mencoba Mini Course yang Data Analytics. 

Overview Mini Course RevoU

belajar digital marketing gratis


Kelas Mini Course diadakan setiap hari mulai Senin-Jumat selama dua pekan. Jadi total waktu pembelajaran Mini Course adalah 10 hari. Kelas akan berlangsung melalui siaran YouTube live setiap pukul 19.00-21.00 WIB. 


Berarti kalau nggak daftar secara resmi tetap bisa ngikutin kelas donk?

Yap betul sekali! Walau nggak daftar secara resmi pun kamu tetap bisa mengunjungi kelas mini course-nya di YouTube. 


Selain mendapatkan materi dari YouTube live, peserta mini course juga akan diberikan penugasan yang sifatnya wajib sebagai syarat mendapat sertifikat dan penugasan opsional berupa case study. 


Materi Mini Course

Dua hari pertama materi mini course didominasi oleh latar belakang, teori seputar marketing dan digital marketing secara umum. Nah di hari ketiga dan keempat mulailah ada materi yang sifatnya simulasi, khususnya untuk penggunaan tools yang berkaitan dengan lingkup pekerjaan. 


Yang menarik, materi simulasi tools ini akan berbeda di setiap batch mini course-nya. Kalau saya kemarin waktu mini course Digital Marketing, tools yang disimulasikan adalah Google Ads yang membahas secara khusus tentang YouTube Ads. Sementara untuk mini course DA, tools yang disimulasikan adalah Big Query dan Tableu. 


Hari kelima sampai ketujuh diperuntukkan khusus membahas hal-hal yang berkaitan dengan job seeking process mulai dari CV/portfolio review, simulasi interview, sampai alumni sharing session. 


Hari kedelapan diperuntukkan khusus untuk membahas atau me-review case study yang diberikan untuk penugasan. Dua hari terakhir akan diisi dengan konten seputar best practice di bidang kerja bersama praktisi industri terkait. Dua sesi terakhir ini sangat menarik karena bisa langsung mendapat insight dari orang yang terjun langsung di bidangnya. 


Secara keseluruhan, menurut saya, materi mini course disampaikan dengan sangat atraktif dan interaktif. Saya sendiri tidak pernah merasa bosan selama mengikuti kelas mini course di atas. 

Sertifikat Mini Course

Untuk bisa mendapatkan sertifikat mini course dari RevoU, setidaknya ada dua syarat yang perlu dipenuhi:


  1. Mengisi absensi kehadiran setelah kelas selesai berlangsung. Absensi dalam bentuk Google Form akan dibagikan di channel Discord

  2. Mengerjakan tugas wajib berupa soal pilihan ganda. 


Sementara itu untuk case study sifatnya opsional. Namun jika mengerjakan, kamu akan dapat tautan khusus untuk bertanya seputar case study yang akan dibahas pada sesi case study review. 


Dalam penugasan wajib sendiri terdapat beberapa pertanyaan optional yang sifatnya analitik. Jika kamu menjawab bagian ini dan lulus dengan nilai yang memenuhi syarat, kemungkinan kamu akan dihubungi oleh admission course RevoU karena pertanyaan tersebut merupakan admission test untuk Full Course. 

Jalur Komunikasi dan Diskusi via Discord

Seluruh informasi seputar mini course akan disampaikan melalui berbagai channel terkait di Discord. Setiap sore akan ada sesi games dan diskusi bersama alumni RevoU yang didapuk menjadi Team Lead untuk menjawab pertanyaan dari para peserta seputar course, tugas maupun bidang digital marekting dan data analytics secara umum. 


Jika sudah lulus mini course kamu tetap bisa stay di Discord dan mengikuti materi mini course batch selanjutnya tapi tidak lagi punya akses untuk tanya jawab di channel terkait. 

Review Mini Course

Pada dasarnya, saya punya impresi yang baik terhadap program mini course ini. Meskipun gratis tapi kontennya nggak asal-asalan dan pematerinya bukan yang kaleng-kaleng. 


  • Materi yang disampaikan memang sangat basic, basic banget, tapi bisa jadi pemantik untuk belajar lebih dalam. Apalagi ada daftar pre-class reading yang bagus dan trustworthy. 


  • Untuk para pemula ataupun career switcher dengan nol experience mini course ini sangat worthy untuk diikuti. Karena dari sini kamu bisa dapat gambaran umum terkait bidang yang akan ditekuni.


  • Sementara untuk career switcher yang sudah ada pengalaman seperti saya, mini course ini paling menarik diikuti saat simulasi dan kelas bersama expertise. Karena dari situ bisa langsung cocoklogi sama pengalaman yang udah didapat. 


  • Metode penyampaian materi sangat menarik dan tidak membosankan.


Tips dan Trik Ikut Mini Course RevoU

Meskipun judulnya mini course tapi menurut saya konten yang diberikan secara umum cukup ‘daging’. Apalagi ada penugasan case study yang bisa dijadikan referensi portfolio kamu. 


Tapi sebenarnya jangan jadikan sertifikat sebagai goal utama, tapi yang penting adalah kamu bisa tahu sebenarnya cocok nggak sama bidang yang mau digeluti terus cocok nggak dengan sistem pembelajaran coursenya. 


Karena sebenarnya sertifikat Mini Course itu ya menurut saya hanya sekedar menjadi bukti keikutsertaan kamu saja, bukan menunjukkan kemampuan yang sudah kamu dapatkan setelah mengikuti mini course. 


Untuk bisa optimal mengikuti mini course RevoU ini, saya ada beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat:


  • Di channel lecture ada banyak materi pre-class reading yang bisa dipelajari (tidak harus dibaca) sebelum mini course dimulai

  • Manfaatkan sesi tanya jawab di YouTube live maupun di channel Discord dengan optimal 

  • Jangan ragu untuk ikutan CV/portfolio review, live interview maupun case study review untuk bisa mengukur kemampuan dan mendapatkan feedback langsung

  • Siapin banyak pertanyaan sebelum kelas dimulai

  • Mulai dengan gelas kosong artinya meskipun kamu sudah ada pengalaman, siapkan ruang untuk menampung materi yang disampaikan

  • Latihan simulasi sendiri di luar penugasan yang diberikan. Dari sini kamu bisa dapat banyak pertanyaan yang mungkin muncul

Apakah Saya Daftar Full Course? 

Oh tentu saja saya ikut daftar dan sudah dapat offer letter untuk program Digital Marketing. 


Tapi apakah saya jadi ikutan?

Saya putuskan untuk belum bergabung di tahun ini. But who knows? Next year?


Intinya menurut saya ikut mini course RevoU ini sama sekali nggak ada ruginya. Dari sana banyak materi dan pengetahuan yang bisa dieksplor lebih dalam. Cuss main ke website https://revou.co/ untuk cari tahu lebih banyak soal program yang ditawarkan. 








Post a Comment