Cara Mudah dan Murah Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia


Setelah kemarin membahas cara transfer uang ke luar negeri DI SINI. Kali ini saya coba berbagi pengalaman tentang langkah-langkah transfer uang dari luar negeri ke Indonesia. Kebutuhan transfer uang dari luar negeri sangatlah penting untuk kamu yang tinggal dan bekerja di luar negeri. Apakah ingin memberikan kiriman uang kepada keluarga? Atau sekedar ingin menambah pundi-pundi rupiah di tabungan dalam negeri? Apa pun itu, prinsip yang penting saat memilih jasa transfer uang dari luar negeri adalah, pastikan kurs nilai tukarnya bersahabat dan biaya transaksinya murah.

Cara pengiriman uang ke luar negeri


Berikut ini gambaran beberapa layanan transfer uang dari luar negeri beserta rangkuman simulasi perhitungannya dan rekomendasi saya pribadi.


Transfer Bank (Wired Transfer)

Proses ini bisa dibilang merupakan cara transfer uang dari luar negeri yang paling konvensional. Proses pengiriman uang akan membutuhkan kode SWIFT bank penerima, nomor rekening dan atau identitas penerima (jika diambil dalam bentuk tunai).

Perlu diperhatikan bahwa biaya transfer bergantung dari bank asal pengiriman yang tentunya sangat bervariasi. Sebagai contoh karena dulu pernah di Inggris saya berikan gambaran biaya layanan dari Lloyd's Bank untuk transfer ke luar Inggris melalui tautan berikut.

Bisa dilihat kalau transfer dengan mata uang EUR biayanya gratis. Andaikan ASEAN bisa menerapkan hal yang sama betapa senangnya. Nah di tulisan sini saya hanya akan membahas biaya yang dibebankan oleh bank dalam negeri kepada penerima uang dari luar negeri. Intinya untuk transfer uang dari luar negeri maupun sebaliknya perlu memperhatikan biaya yang ditarik dari bank pengirim dan biaya yang mungkin dikenakan oleh bank penerima.

Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda terkait proses penerimaan uang dari luar negeri. Termasuk soal berapa jumlah maksimal transfer uang dari luar negeri. Sebagai contoh, proses transfer ke BCA dari luar negeri dapat dilakukan dengan menggunakan layanan Fire Cash maupun Moneygram. Layanan lengkapnya bisa dilihat di sini. Jika melalui layanan Fire Cash terdapat nomor telepon pelanggan di beberapa negara tertentu yang bisa digunakan untuk membantu layanan pengiriman. Untuk Moneygram akan dibahas lebih detil di bawah ya. Kalau dibaca di website tidak disebutkan berapakah biaya transaksi yag dibebankan, namun berdasarkan info sana-sini. Setiap menerima uang dari luar negeri akan dikenakan biaya administrasi sebesar 5 USD dan biaya korespondensi yang besarnya bervariasi dari 15-30 USD.

Untuk memastikan besar biaya transfer uang dari luar negeri melalui BCA saya coba menanyakan di Twitter @HaloBCA. Berikut ini jawaban beserta tautan biayanya.

Biaya pengiriman uang dari luar negeri ke bca


Alternatif bank lainnya yang akan coba saya bahas adalah BNI dan CIMB Niaga. Informasi mengenai transfer uang dari luar negeri ke CIMB Niaga bisa dilihat melalui tautan berikut. CIMB Niaga juga mendukung Moneygram sebagai salah satu perangkat penerimaan valasnya. Sayangnya lagi-lagi tidak ada info mengenai berapakah biaya yang dibebankan kepada pengirim. Saya coba kembali bertanya melalui Twitter namun belum mendapat respon yang sesuai. Akan saya tambahkan jika sudah ada informasinya.

Terakhir, transfer uang dari luar negeri ke BNI. Informasi lengkapnya bisa dicek melalui halaman berikut. Tampak tertulis bahwa BNI juga mendukung Moneygram sebagai salah satu layanan transfer uang dari luar negeri. Namun lagi-lagi tidak dicantumkan biaya pengirimannya. Saya pun bertanya melalui Call Chat namun belum ada repson.

Sebenarnya saya juga heran mengapa semua bank tidak menampilkan biaya yang dikenakan untuk penerimaan uang dari luar negeri. Nampaknya biaya yang dibebankan akan sangat tergantung dari bank korespondensi yang mengirim valas.

PayPal

Cara transfer uang dari luar negeri yang cukup kekinian adalah PayPal. Syaratnya, penerima uang juga harus memiliki akun PayPal. Transfer uang melalui PayPal boleh dibilang tidak dibatasi dan bahkan (mungkin) tidak diawasi oleh pemerintah. Namun kekurangannya adalah pada nilai tukar ke Rupiah yang sangat jelek. Sebagaimana tertulis dalam kebijakan penggunaan PayPal, di sini. PayPal mengenakan 2.5% biaya untuk nilai tukar mata uangnya. Jadi misalkan kurs jual 1 USD = 10,000 IDR, di PayPal kursnya menjadi 9,750 IDR per 1 USD. Jadi kalau ingin mencairkan dana sebesar 100 USD di PayPal maka kamu akan mendapat uang rupiah sebesar 975,000 padahal seharusnya kamu bisa mendapat 1,000,000.

Western Union

Cara kirim uang dari luar negeri lainnya adalah Western Union (WU). Western Union sudah lama dikenal sebagai metode transfer uang dari luar negeri yang paling terpercaya. Apalagi jaringannya menggandeng seluruh kantor pos di Indonesia membuatnya menjadi alternatif terbaik untuk pengirimn uang dari luar negeri ke daerah yang belum tejangkau layanan bank.

Kamu hanya perlu KTP dan kode MTCN untuk bisa mencairkan uang kiriman melalui western union. Untuk biayanya gratis karena sudah dibebankan kepada pengirim. Tapi lagi-lagi WU juga mengambil untung dari pertukaran nilai mata uangnya. Untuk saat ini saya belum menemukan dokumentasi resmi terkait berapa persen perbedaan kurs tengah dengan kurs yang digunan WU.

Moneygram

Kalau WU bekerja sama dengan kantor pos maka Moneygram bekerja sama dengan bank di Indonesia. Cara kirim uang dari luar negeri dengan Moneygram juga sangat mudah dan hampir sama dengan WU. Penerima juga tidak harus memiliki rekening bank karena uangnya bisa diambil secara tunai. Hampir seluruh bank nasional di Indonesia memiliki fasilitas Moneygram. Sama sepeti WU, Moneygram tidak membebankan biaya kepada penerima namun kurs yang digunakan mengikuti kurs Moneygram yang pastinya memiliki selisih dengan nilai kurs tengah internasional.

Transferwise

Saya sendiri sudah menggunakan Transferwise sejak zaman kuliah di Inggris untuk proses pengiriman uang alias menabung. Biayanya sangat-sangat murah. Kursnya juga merupakan kurs real time dan bisa dipantau setiap saat melalui tautan BERIKUT.

Untuk memulai transfer uang dari luar negeri dengan transferwise kamu perlu membuat akun dulu DI SINI. Setelah berhasil terdaftar, kamu bisa dengan mudah mengirim uang dengan menghubungkan akun Transferwise dengan rekening bankmu di luar negeri atau kartu kredit dan debit.

Transferwise bisa langsung mengirim uang ke rekening bank yang ada di Indonesia. Bahkan kini sudah bisa transfer ke OVO, GOPAY dan DANA lho. Tidak perlu ribet lagi.

Dalam waktu kurang dari dua jam (pada hari kerja) uang sudah bisa sampai ke rekening penerima di Indonesia. Sampai sekarang saya masih menggunakan transferwise untuk pengiriman uang dari luar negeri (menerima gaji dari Upwork agar tidak terkena potongan biaya-nanti akan dibahas lebih detil di tulisan berikutnya). Kalau ingin mencoba nih saya kasih transfer pertama gratis dengan klik tautan BERIKUT.

Semoga bermanfaat ya!

No comments