Cara Menjadi Freelancer dan Menemukan Lowongan Pekerjaan Freelance Online



Saya menjadi freelancer (pekerja lepas) secara online sejak tahun 2017. Kali ini saya ingin mencoba berbagi pengalaman tentang bagaimana sih cara menjadi freelancer. Cara menjadi freelancer yang utama adalah kita harus rajin-rajin mencari lowongan pekerjaan freelancer. Lalu, dimana saya bisa mencari lowongan pekerjaan freelance? Setidaknya ada dua cara untuk mencari lowongan pekerjaan freelance.

Cara menjadi freelancer



Cara menjadi freelancer yang pertama adalah dengan memanfaatkan LinkedIn untuk menarik perhatian para perekrut kerja freelance. Percantik halaman profilmu dengan portofolio bidang kerja yang kamu geluti untuk memperoleh lebih banyak kesempatan penawaran.

Jangan lupa mengatur pilihan Let The Recruiters Know that You're Open. Pilihan ini bisa diatur pada menu setting profil dan menu privacy. Setelah itu, kamu bisa mulai mencari pekerjaan bertipe Remote melalui menu LinkedIn Jobs.

Cara menjadi freelancer



Cara menjadi freelancer

Untuk cara pertama ini saya belum pernah berhasil mendapatkan klien hehe, tapi ada juga lho yang berhasil dengan cara ini. Salah satunyya adalah  tulisan seorang pengguna Quora berikut

Cara menjadi freelancer yang kedua adalah dengan bergabung menjadi anggota freelancer di situs freelance marketplace. Freelance marketplace merupakan situs khusus yang memuat berbagai lowongan pekerjaan freelance. Anggota suatu situs freelance marketplace adalah freelancer dan pemberi kerja untuk selanjutnya kita sebut dengan client. Melalui cara kedua inilah saya bisa menjadi freelancer sampai sekarang. Berikut ini detil cerita pengalaman saya menjadi freelancer melalui cara kedua tersebut.

TIPE PEKERJAAN
Secara umum, terdapat dua tipe jenis pekerjaan dalam dunia freelance marketplace; proyek dengan nilai tetap (fixed price) dan pekerjaan per jam (hourly). Proyek dengan nilai tetap berarti nilainya sudah ditetapkan sejak awal dan tidak akan berubah. Jadi basisnya lebih ke output based.

Sedangkan kalau hourly berarti nilai pekerjaan tergantung pada durasi kamu mengerjakan suatu project. Biasanya di awal terdapat kesepakatan total jam untuk mengerjakan suatu proyek. Hourly project biasanya digunakan untuk jenis pekerjaan jangka panjang, seperti admin, virtual assistant atau customer support.

Cara menjadi freelancer


DAFTAR SITUS PENYEDIA LOWONGAN KERJA FREELANCE
Saat ini sudah banyak sekali situs lowongan kerja freelance, baik lokal maupun internasional. Beberapa di antaranya yang cukup populer adalah Upwork, Fiverr, Freelancer. Selain itu di ranah lokal ada Sribulancer, Projects, Fastwork, Sribu dan Freelancer Indonesia.

Semuanya bisa dibilang memiliki format yang sama yaitu kamu sebagai freelancer perlu membuat profil untuk kemudian bisa diisi dengan keahlian dan portfolio terkait. Pemberi kerja juga memiliki akun tersendiri untuk membuat iklan lowongan kerja. Biasanya pemberi kerja akan menyetorkan deposit gaji freelancernya terlebih dahulu sebelum bisa memperkerjakan freelancer, sehingga bisa dibilang pemberi kerja ini nggak akan tipu-tipu atau kabur jika pekerjaanmu telah selesai.

Perbedaan mendasar di antara sekian banyak situs lowongan pekerjaan freelance di atas adalah soal biaya yang dibebankan kepada freelancer ataupun pada klien pemberi kerja. Nah, lebih lanjut terkait hal tersebut bisa kamu lihat detilnya berikut ini. Saya coba bandingkan empat situs freelance marketplace yang cukup populer dan ternama, baik di tingkat lokal Indonesia maupun internasional. Termasuk beberapa fitur unggulan masing-masing situs.

Freelancer



Mencari lowongan pekerjaan freelance

Freelancer merupakan situs freelance marketplace yang sudah cukup mendunia. Mereka mengklaim menyediakan lebih dari 1350 kategori pekerjaan. Freelancer juga kini telah memiliki website khusus untuk para freelance dan pembei kerja di Indonesia, yaitu di Freelancer Indonesia.

Untuk bisa mendaftar sebagai kandidat freelance di Freelancer, kamu terlebih dahulu harus mendaftar dan melengkapi isian profil yang tersedia. Gratis. Setelah itu, profil kamu akan diverifikasi oleh tim freelancer. Proses verifikasi ini biasanya memakan waktu maksimal 10 menit. Cepat, bukan? Meski pada kasus tertentu bisa memakan waktu 1-2 hari kerja.

Setelah profil terverifikasi kamu bisa mulai mencari kerja freelance dengan membuat aplikasi pada berbagai lowongan yang tersedia. Tersedia dua jenis pekerjaan, yaitu fixed price dan hourly. Rincian biaya yang ditetapkan untuk freelancer pun bervariasi, diantaranya:

Untuk pekerjaan fixed price, biaya yang dibebankan kepada freelancer adalah 10% atau 5$, mana yang lebih besar. Sedangkan untuk proyek per jam biayanya 10%. Proyek yang didapatkan dari kompetisi juga dikenakan biaya sebesar 10% dari total nilai pekerjaan.

Kamu bisa mendapatkan bebas biaya potongan jika berhasil merekomendasikan klien untuk membuat lowongan kerja di Freelancer. Untuk bisa mendapatkan lebih banyak penawaran pekerjaan, kamu bisa meng-upgrade status keanggotaan menjadi berbayar, dengan tarif yang tercantum di halaman berikut.

Upwork


Mencari lowongan pekerjaan freelance

Upwork bisa dikatakan merupakan salah satu pesaing berat dari Freelancer.com. Saya mendaftar Upwork tahun 2017 silam. Mendaftar di Upwork tidak semudah mendaftar di Freelancer. Proses verifikasi profil bisa memakan waktu hingga 3 hari. Kamu juga perlu mengunggah ID atau paspor untuk verifikasi nama. Nama yang digunakan juga harus nama asli. Bukan nama kaleng kaleng ya.

Mencari lowongan pekerjaan freelance

Setelah berhasil verifikasi kamu bisa langsung browsing pekerjaan yang cocok. Di Upwork, untuk bisa melamar kamu harus menggunakan semacam koin bernama connects. Pada saat awal pendaftaran, kamu diberi 60 connects. Dan akan diperbaharui setiap 3 bulan sekali, namun sekarang connects sudah berbayar, menjadi 0.15$ per connects. Huhu.

Di Upwork ini saya bisa dibilang beruntung karena mulai dari 0 portfolio. Cerita lengkapnya bersambung di post yang lain ya. Sama seperti freelancer, Upwork juga memiliki 2 tipe pekerjaan; fixed dan hourly. Fee yang ditetapkan untuk freelancer adalah 20%. Jika pendapatan dari satu klien sudah di atas 500$ maka fee nya menjadi 10% saja. Beberapa klien besar dengan keanggotaan tertentu bahkan bisa memberikan pekerjaan tanpa ada nilai potongan bagi freelancer.

Fiverr


Mencari lowongan pekerjaan freelance

Kata fiverr ini konon diambil dari harga freelancer yang dimulai dari 5$. Istilahnya kalau di fiverr adalah buyer dan seller. Jadi freelancer di sini adalah seller yang menjual 'jasa' dan keahliannya. Saya belum pernah mendaftar di sini jadi tidak terlalu paham detilnya seperti apa.

Fee yang ditetapkan untuk freelancer adalah 20% sama seperti Upwork. Detil informasi lainnya bisa kamu temukan di sini

Sribulancer - Sribu


Mencari lowongan pekerjaan freelance

Sribulancer sudah pasti banyak dikenal di kalangan para pekerja freelance. Sribulancer merupakan marketplace freelance lokal alias asli Indonesia. Sribulancer memiliki cukup banyak kategori pekerjaan mulai dari content writing sampai programming.

Sedangkan Sribu merupakan anak perusahaannya yang khusus membawahi freelancer di bidang desan grafis.

Mencari lowongan pekerjaan freelance


Kalau di Sribulancer tidak ada tipe pekerjaan hourly project, jadi semuanya adalah fixed project. Mendaftar sebagai freelancer tidak dikenakan biaya, namun untuk setiap proyek yang berhasil kamu akan dikenakan potongan sebesar 10% dari nilai total pekerjaan.

Karena basisnya di Indonesia, Sribulancer ini tergolong cukup mudah untuk pencairan uang jerih payah yang sudah kamu dapatkan. Karena bisa langsung ditransfer ke rekening bank lokal kamu. Terlebih lagi, nilai pekerjaan sudah ditetapkan dalam bentuk rupiah. Jadi tidak perlu khawatir dengan biaya konversi. Hal ini tentunya berbeda dengan ketiga platform sebelumnya.

Sebagai langkah awal menjadi freelancer, kamu bisa eksplor lebih jauh situs freelance marketplace yang sesuai dengan keahlian yang ingin kamu jual. Lalu, sebaiknya tidak mendaftar di semua platform ya. Bisa-bisa kamu kehilangan fokus. Pilih setidaknya dua platform yang sesuai dengan preferensimu. Lalu buatlah profil yang memukau dan mulailah berselancar untuk mencari pekerjaan. Pastikan kamu melamar pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu ya.

Gimana? Mudah sekali bukan cara menjadi freelancer?

Sebagai tambahan, berikut ini saya buat daftar jawaban dari beberapa pertanyaan yang sering muncul saat memulai  karir menjadi seorang freelancer.

Apakah saat mulai bekerja sebagai freelance perlu membayar sebagai syarat untuk kerja?

Tidak, saat mulai bekerja sebagai freelance melalui situs-situs di atas, tidak perlu membayar, namun mungkin nantinya akan ada potongan setelah pekerjaanmu berhasil dan gaji dibayarkan oleh klien.

Apakah kalau sudah terdaftar di freelance.com otomatis mendapatkan pekerjaan?

Tidak, mendaftar saja di freelance.com tidak akan secara otomatis membuatmu mendapatkan pekerjaan. Setelah mendaftar tentu kamu perlu untuk mempercantik portfolio dan melamar lowongan pekerjaan freelance yang tersedia.

Bagaimana saya mendapatkan pekerjaan freelance pertama saya jika belum memiliki portfolio?

Hmmm... saya ingat waktu itu pekerjaan pertama saya bernilai 5$ untuk mereview sebuah buku. Padahal setelah itu dapat potongan 20%, jadi tinggal berapa tu? Haha. Tapi tidak masalah, untuk tahap awal, jika tidak menemukan pekerjaan yang sesuai keahlian, kamu bisa memulai dengan pekerjaan mudah dan murah. Yang penting kamu tunjukkan bahwa kamu 'pernah dan bisa kerja'. Jangan lupa minta feedback kepada klien tersebut.

Wah jadi nggak fokus donk? Gini-gini saya punya banyak pengalaman kerja di luar nih! Nah, jikalau kamu sudah pernah bekerja di dunia 'nyata', maka kamu bisa kok memasukkan portfolio kerjaan kamu. Tinggal lampirkan saja bukti pendukungnya.

Tidak sampai si situ, cara mendapatkan pekerjaan pertama freelance yang utama adalah rajin-rajin melamar kerjaan! Carilah dengan teliti klien dengan reputasi terpercaya dan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu. Tahap ini bisa memakan waktu berbulan-bulan, jadi harus sabar.

Cara lain yang cukup ekstrem adalah dengan menawarkan jasa keahlianmu secara gratis. Apa? Gratis? Ya, kamu bisa menawarkan hal ini pada saat melamar pekerjaan. Tapi tentu saja jangan dikerjakan semua item pekerjaannya. Misal, kamu bisa tawarkan untuk mengerjakan 1/3 bagian proyek di awal secara gratis. Berani mencoba?

Begitulah kira-kira cara menjadi freelancer berdasarkan pengalaman saya.  Kalau ada pertanyaan lain yang belum ada boleh ditambahkan di kolom komentar ya. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat ya.





6 comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete