Resep Cara Membuat Pizza Crispy Rumahan yang Enak

Thursday 23 April 2020

Sudah lewat satu bulan krantina diri dan keluarga di rumah aja; sudah berapa banyak resep yang dicoba di rumah? Bagaimana dengan resep cara membuat pizza crispy? Sudah pernah coba? Saya sendiri adalah penggemar pizza, apalagi pizza dengan kulit tipis dan crispy. Kalau di Jogja, harga satu pan medium pizza crunchy berkisar mulai dari 70 ribu hingga 100 ribu ke atas. Lumayan mahal kan? Jadi saya pun bertekad untuk bisa menguasai cara membuat pizza crispy yang enak.

Beberapa tutorial di youtube dan resep di cookpad sudah saya ikuti, tapi hasilnya gagal terus. Karena penasaran, saya pun akhirnya mengikuti kursus khusus cara membuat pizza crispy di cdo bakery, Jogja. Setelah mengikut kursus, pizza crispy saya tidak pernah gagal. Ini beneran! Terkadang ikut kursus itu lebih worthy secara waktu karena bisa langsung lihat dan praktik, jadi titik kesalahannya bisa langsung diperbaiki. Sampai saat ini sudah kurang lebih lima kali saya membuat pizza crsipy dan  alhamdulillah semuanya sukses, meskipun dengan alat yang sederhana dan seadanya di rumah.

resep pizza rumahan
pizza terbaru yang saya buat (9 Mei 2020)

resep pizza rumahan

Nah, sebelum beraksi, berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pizza crispy:

Bahan untuk mengembangkan ragi:
22 gram / 1 bungkus sachet ragi instan merek apa saja
10 gram gula
100 ml air mineral
10 gram tepung terigu protein tinggi

Bahan adonan pizza crispy:
1 kg tepung terigu protein tinggi
100 ml minyak goreng (bisa pakai olive oil atau minyak kelapa)
500 ml air biasa
10 gram garam

Bisa dilihat bahan-bahannyanya sangat mudah, bukan? Ukuran resep di atas akan menghaslkan 12 pcs adonan pizza crispy masing-masing seberat kurang lebih 145 gram atau setara dengan medium pan (diameter 25 cm). Sebenarnya saya biasa bikin setengah resep, tapi ini biar mudah jadi saya tuliskan resep aslinya. Resep ini merupakan resep yang saya dapatkan saat kursus.

Cara membuat pizza crispy yang enak kuncinya adalah pada pengembangan ragi dan ulenan. Untuk bisa membuat pizza crispy, terlebih dahulu cek keaktifan ragi dengan mencampur semua bahan untuk mengembangkan ragi. Tunggu beberapa menit sampai terlihat raginya naik dan ngembang (lihat video).


Cara membuat pizza crispy selanjutnya adalah dengan mencampur semua bahan adonan kecuali garam. Setelah itu masukkan ragi yang sudah mengembang dan uleni sampai kalis dan elastis. Tips biar mudah menguleni; setelah memasukkan ragi, uleni sebentar sekitar 3 menit dan diamkan dengan ditutup kain lembab kurang lebih 10-12 menit (tergantung suhu ruangan). Setelah itu barulah tambahkan garam dan diuleni kembali, bisa pakai tangan bisa pakai mesin ya. Kalau saya sih pakai tangan, hitung-hitung buat toning lengan wkwkwkwk.

resep pizza rumahan
adonan pertama sebelum ditambahkan ragi aktif

Ciri ulenan yang sudah OK adalah jika ditarik dia elastis dan terlihat sedikit transparan, tapi bukan tipis ya. Kalau sudah mencapai konsistensi tersebut maka adonan bisa mulai dibagi-bagi ke dalam bulatan yang lebih kecil. Setelah itu diamkan sekitar 15 menit.

cara membuat pizza rumahan
harusnya masih bisa menul-menul lagi, tapi segini juga udah cukup

Setelah adonan mengembang, bentuk bulat dengan diameter kira-kira 25 cm. Kalau tidak punya roller pin bisa pakai gelas atau botol silinder. Kunci lainnya untuk membuat pizza crispy adalah dengan melubangi permukaannya dengan garpu atau tusuk sate. Susun adonan pizza crispy yang sudah pipih tadi di atas tray oven dan biarkan sekitar 35 menit. Biar bentuknya nggak berubah, usahakan angkat adonan pizza ini pakai telenan tipis/spatula lebar yang tipis, karena pada kondisi ini adonannya sangat elastis. Sambil menunggu, kita bisa siapkan oven untuk memanggang. Pengalaman saya kalau pakai oven gas, suhu yang pas adalah 190 derajat celcius, tapi kalau pakai oven listrik sekitar 220 derajat celcius.

resep cara membuat pizza rumahan
hasil giling-giling pakai botol kaca. 

Adonan pizza crispy yang sudah didiamkan volumenya akan meningkat mejadi dua kali lipat. Langsung masukkan oven selama kira-kira 8 menit atau sampai bagian bawahnya mulai menguning, adonan pizza crispy siap digunakan. Tapi ini baru crust-nya ya. Crust pizza ini bisa didinginkan dan disimpan di kulkas untuk bisa digunakan sewaktu-waktu. Kalau ingin pizza yang komplit dengan saos dan topping, pada tahap ini bisa kamu tambahkan saos dan topping sesuka hati lalu panggang lagi kira-kira 5-8 menit lagi atau sampai saos terlihat meletup-letup. Untuk pemberian keju dilakukan di bagian akhir proses pemanggangan ya, biar tidak gosong.

Cara Membuat Saus Pizza Crispy dan Topping yang Bikin Ngiler

Dengan cara membuat pizza crispy di atas, kalau caranya benar dijamin kamu akan mendapatkan pizza crust yang crispy dan nggak kalah sama yang ada di restoran-restoran masakan Italia. Sekian dulu resep cara membuat pizza crispy dari saya. Jangan lupa bagikan dan kasi komentar yaa. Berikut ini penampakan pizzanya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Cara membuat pizza crispy
Pizza dengan topping tuna, paprika, bombay dan mozarella

Cara membuat pizza crispy
Kalau pengen lebih gosong lagi bisa ya, tapi kalau pakai oven gas/listrik, agak susah dapat gosong yang bagus 



Post a Comment