Cara Mudah dan Murah Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia

Friday 14 February 2020


Updated 18 Maret 2024
Informasi di bawah ini sudah tidak valid karena per bulan Mei 2024, pengguna Wise di Indonesia tidak bisa lagi menyimpan saldo.  



Kali ini saya coba berbagi pengalaman tentang langkah-langkah transfer uang dari luar negeri ke Indonesia. Kebutuhan transfer uang dari luar negeri sangatlah penting untuk kamu yang tinggal dan bekerja di luar negeri. Apakah ingin memberikan kiriman uang kepada keluarga? Atau sekedar ingin menambah pundi-pundi rupiah di tabungan dalam negeri? Apa pun itu, prinsip yang penting saat memilih jasa transfer uang dari luar negeri adalah, pastikan kurs nilai tukarnya bersahabat dan biaya transaksinya murah.

Cara kirim uang dari luar negeri


Berikut ini gambaran beberapa layanan transfer uang dari luar negeri beserta rangkuman simulasi perhitungannya dan rekomendasi saya pribadi.


Transfer Bank (Wired Transfer)

Proses ini bisa dibilang merupakan cara transfer uang dari luar negeri yang paling konvensional. Proses pengiriman uang akan membutuhkan kode SWIFT bank penerima, nomor rekening dan atau identitas penerima (jika diambil dalam bentuk tunai).

Perlu diperhatikan bahwa biaya transfer bergantung dari bank asal pengiriman yang tentunya sangat bervariasi. Sebagai contoh karena dulu pernah di Inggris saya berikan gambaran biaya layanan dari Lloyd's Bank untuk transfer ke luar Inggris melalui tautan berikut.

Bisa dilihat kalau transfer dengan mata uang EUR biayanya gratis. Andaikan ASEAN bisa menerapkan hal yang sama betapa senangnya. Nah di tulisan sini saya hanya akan membahas biaya yang dibebankan oleh bank dalam negeri kepada penerima uang dari luar negeri. Intinya untuk transfer uang dari luar negeri maupun sebaliknya perlu memperhatikan biaya yang ditarik dari bank pengirim dan biaya yang mungkin dikenakan oleh bank penerima.

Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda terkait proses penerimaan uang dari luar negeri. Termasuk soal berapa jumlah maksimal transfer uang dari luar negeri. Sebagai contoh, proses transfer ke BCA dari luar negeri dapat dilakukan dengan menggunakan layanan Fire Cash maupun Moneygram. Layanan lengkapnya bisa dilihat di sini. Jika melalui layanan Fire Cash terdapat nomor telepon pelanggan di beberapa negara tertentu yang bisa digunakan untuk membantu layanan pengiriman. Untuk Moneygram akan dibahas lebih detil di bawah ya. Kalau dibaca di website tidak disebutkan berapakah biaya transaksi yag dibebankan, namun berdasarkan info sana-sini. Setiap menerima uang dari luar negeri akan dikenakan biaya administrasi sebesar 5 USD dan biaya korespondensi yang besarnya bervariasi dari 15-30 USD.

Untuk memastikan besar biaya transfer uang dari luar negeri melalui BCA saya coba menanyakan di Twitter @HaloBCA. Berikut ini jawaban beserta tautan biayanya.

Biaya kirim uang dari luar negeri


Alternatif bank lainnya yang akan coba saya bahas adalah BNI dan CIMB Niaga. Informasi mengenai transfer uang dari luar negeri ke CIMB Niaga bisa dilihat melalui tautan berikut. CIMB Niaga juga mendukung Moneygram sebagai salah satu perangkat penerimaan valasnya. Sayangnya lagi-lagi tidak ada info mengenai berapakah biaya yang dibebankan kepada pengirim. Saya coba kembali bertanya melalui Twitter namun belum mendapat respon yang sesuai. Akan saya tambahkan jika sudah ada informasinya.

Terakhir, transfer uang dari luar negeri ke BNI. Informasi lengkapnya bisa dicek melalui halaman berikut. Tampak tertulis bahwa BNI juga mendukung Moneygram sebagai salah satu layanan transfer uang dari luar negeri. Namun lagi-lagi tidak dicantumkan biaya pengirimannya. Saya pun bertanya melalui Call Chat namun belum ada repson.

Sebenarnya saya juga heran mengapa semua bank tidak menampilkan biaya yang dikenakan untuk penerimaan uang dari luar negeri. Nampaknya biaya yang dibebankan akan sangat tergantung dari bank korespondensi yang mengirim valas.

PayPal

Cara transfer uang dari luar negeri yang cukup kekinian adalah PayPal. Syaratnya, penerima uang juga harus memiliki akun PayPal. Transfer uang melalui PayPal boleh dibilang tidak dibatasi dan bahkan (mungkin) tidak diawasi oleh pemerintah. Namun kekurangannya adalah pada nilai tukar ke Rupiah yang sangat jelek. Sebagaimana tertulis dalam kebijakan penggunaan PayPal, di sini. PayPal mengenakan 2.5% biaya untuk nilai tukar mata uangnya. Jadi misalkan kurs jual 1 USD = 10,000 IDR, di PayPal kursnya menjadi 9,750 IDR per 1 USD. Jadi kalau ingin mencairkan dana sebesar 100 USD di PayPal maka kamu akan mendapat uang rupiah sebesar 975,000 padahal seharusnya kamu bisa mendapat 1,000,000.

Western Union

Cara kirim uang dari luar negeri lainnya adalah Western Union (WU). Western Union sudah lama dikenal sebagai metode transfer uang dari luar negeri yang paling terpercaya. Apalagi jaringannya menggandeng seluruh kantor pos di Indonesia membuatnya menjadi alternatif terbaik untuk pengirimn uang dari luar negeri ke daerah yang belum tejangkau layanan bank.

Kamu hanya perlu KTP dan kode MTCN untuk bisa mencairkan uang kiriman melalui western union. Untuk biayanya gratis karena sudah dibebankan kepada pengirim. Tapi lagi-lagi WU juga mengambil untung dari pertukaran nilai mata uangnya. Untuk saat ini saya belum menemukan dokumentasi resmi terkait berapa persen perbedaan kurs tengah dengan kurs yang digunan WU.

Moneygram

Kalau WU bekerja sama dengan kantor pos maka Moneygram bekerja sama dengan bank di Indonesia. Cara kirim uang dari luar negeri dengan Moneygram juga sangat mudah dan hampir sama dengan WU. Penerima juga tidak harus memiliki rekening bank karena uangnya bisa diambil secara tunai. Hampir seluruh bank nasional di Indonesia memiliki fasilitas Moneygram. Sama sepeti WU, Moneygram tidak membebankan biaya kepada penerima namun kurs yang digunakan mengikuti kurs Moneygram yang pastinya memiliki selisih dengan nilai kurs tengah internasional.

Transferwise (Sekarang sudah ganti nama jadi Wise)

Saya sendiri sudah menggunakan Wise sejak zaman kuliah di Inggris untuk proses pengiriman uang alias menabung. Biayanya sangat-sangat murah. Kursnya juga merupakan kurs real time dan bisa dipantau setiap saat melalui tautan BERIKUT.

Untuk memulai transfer uang dari luar negeri dengan Wise kamu perlu membuat akun dulu DI SINI. Setelah berhasil terdaftar, kamu bisa dengan mudah mengirim uang dengan menghubungkan akun Wise dengan rekening bankmu di luar negeri atau kartu kredit dan debit.

Wise bisa langsung mengirim uang ke rekening bank yang ada di Indonesia. Bahkan kini sudah bisa transfer ke OVO, GOPAY dan DANA lho. Tidak perlu ribet lagi.

Dalam waktu kurang dari dua jam (pada hari kerja) uang sudah bisa sampai ke rekening penerima di Indonesia. Sampai sekarang saya masih menggunakan Wise untuk pengiriman uang dari luar negeri (menerima gaji dari Upwork agar tidak terkena potongan biaya-nanti akan dibahas lebih detil di tulisan berikutnya). Kalau ingin mencoba nih saya kasih transfer pertama gratis dengan klik tautan BERIKUT.

Fitur Baru Wise

Dengan perkembangan teknologi yang cepat, Wise juga beradaptasi dengan semakin tingginya tuntutan masyarakat global untuk sesbuah sistem perbankan yang transparan dan borderless. 

Selain bisa untuk transfer uang dari luar negeri ke Indonesia, sekarang Wise juga sudah bisa melakukan transfer uang dari rupiah ke mata uang asing lho. 

Selain itu, Wise juga bisa terhubung ke Apple Pay dan dilengkapi dengan kartu debit virtual maupun fisik. Kartu debit virtual mastercard dari Wise ini sangat bermanfaat untuk kamu yang suka transaksi online dari ecommerce luar negeri seperti amazon, ebay, aliexpress dan sejenisnya. Bisa juga untuk subscription layanan streaming eksklusif luar negeri Hulu.

Kartu debit virtual cenderung lebih aman dari phishing karena bisa dinonaktfikan kapan saja melalui aplikasi Wise.

Sementara kartu debit fisik bisa digunakan untuk keperluan travelling atau jalan-jalan ke luar negeri. Kartu debit fisik mastercard dari Wise bisa menyimpan hingga puluhan mata uang (40+) dan bia digunakan di lebih dari 100 negara. Travelling jadi makin simple karena nggak perlu ribet tukar-tukar mata uang. 

Above all, yang paling penting adalah kurs yang ditawarkan Wise sangat kompetitif. Dengan biaya penukaran kurs yang paling rendah dibandingkan bank konvensional. 

Apakah kamu adalah seorang freelancer, digital nomad atau seorang traveller, Wise adalah pilihan tepat untuk kebutuhan pembayaran antarmatauang yang praktis, murah dan cepat! 

Untuk bisa menikmati seluruh fitur Wise di atas, kamu perlu membuat akun di Wise, bisa melalui website ataupun aplikasi di link berikut. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan berkas ID yang masih berlaku dan mengisi data identitas yang dibutuhkan.

Kalau ada pertanyaan, feel free untuk tulis di kolom komentar ya.

Semoga bermanfaat!

68 comments :

  1. Selamat sore, boleh kah saya tanya2 personal? Saya sedikit kebingungan dgn menerima transfer dr London. Apakah saya bisa kirim email? Ditujukan kemana ya email nya

    ReplyDelete
  2. Pacar saya mengirim uang €20000 melalui petugas account offivernya disana. Karena dia krj di laut jd semua keuangannya di percayakan pada satu oranh di Bank Caixa Madrid. Petugas account officernya mengatakan padaku bahwa aku penerima harus membayar uang aktivasinya €800, maka transaksi transfer akan dilakukan. Saya mau tanya apakah itu memang begitu.. Penerima harus membayar aktivasinya dulu baru bisa diproses..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda terkait transfer uang ke valuta asing. Sebaiknya periksa website resmi bank tersebut untuk memastikan benar dan tidaknya. Saran saya kalau euro pakai transferwise saja, biaya lebih murah dan gampang karena tinggal pakai aplikasi https://transferwise.com/invite/i/hanifw

      Delete
    2. Boleh tanya ya mb.saya ada teman mau kirim uang dr USA .sebesar 2000$ .tp sya disuruh bayar 300$ klo mau terima kiriman uang tsb .apakah bgtu.saya pake rekening BCA

      Delete
    3. tanya aja balik ke dia, bisa ga 300 nya dipotong lgsg dari uang yg dikirim. Kalo ga bisa ya berarti fraud.

      Delete
    4. Fraud itu apa ya kak?

      Delete
  3. Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda terkait transfer uang ke valuta asing. Sebaiknya periksa website resmi bank tersebut untuk memastikan benar dan tidaknya. Saran saya kalau euro pakai transferwise saja, biaya lebih murah dan gampang karena tinggal pakai aplikasi https://transferwise.com/invite/i/hanifw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak,saya ada teman yang mau minta tolong pakai rekening bank saya untuk menerima dana dari bank asal dia di turki sebesar usd 1,2jt.jadi,apakah saya dapat menerima dana itu semua? Dan adakah biaya yg akan dibebankan ke saya? Apakah ada syarat minimal saldo yang saya miliki? Saya menggunakan bank mandiri.mohon bantuannya

      Delete
    2. Mbak,saya ada teman yang mau minta tolong pakai rekening bank saya untuk menerima dana dari bank asal dia di turki sebesar usd 1,2jt.jadi,apakah saya dapat menerima dana itu semua? Dan adakah biaya yg akan dibebankan ke saya? Apakah ada syarat minimal saldo yang saya miliki? Saya menggunakan bank mandiri.mohon bantuannya

      Delete
    3. bisa aja si. Untuk biaya sebenarnya tergantung bank, tapi biasanya memang ada biaya ya kalau transfer antarbank secara manual. Syarat minimal setau saja nggak ada si, yg penting rekeningnya aktif, kalau ada tanggungan biaya admin bulanan biasanya lgsg kepotong.

      Delete
  4. Saya dapat transferan dari malaysia tl Sudah 12 jam uang blm masuk ke rekening saya. Gimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha memangnya Anda pakai jasa kirim uang apa? Sebaiknya ditanyakan dulu ke pengirim dia ngirimnya pakai layanan apa? lalu tanyakan ke provider tersebut

      Delete
  5. Boleh saya minta nomor whtsap nya ibu

    ReplyDelete
  6. Bisa tanya nih kalo ada kiriman dari luar
    ..apakah penerima dibebankan biaya transfer dan berapa batasan nilai yg bisa ditransfer?
    Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung. Pengirim bisa menanggung atau memberikan beban tersebut ke Anda. Tiap provider punya besaran yang berbeda. Untuk Indonesia setau saya transaksi di atas 10000 usd https://www.bi.go.id/id/peraturan/moneter/Pages/PBI_181916.aspx

      Delete
  7. Kl ga salah di website transferwise bilang ,kalau transfer uang USD dari luar negeri ke akun USD Indo, dikenakan biaya 3.20 plus 15-30 dollar biaya admin bank di indonesia.

    Kalau transfer uang USD dari luar ke akun Rupiah di Indonesia, selain kena biaya transferwise fees+exchange rate, bank indonesia apakah akan kenakan biaya tambahan juga (seperti kalau transfer USD ke USD di atas)? Kalau akan kenakan biaya, berapa biaya nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah transfer dari usd transferwise ke usd bank indo. Selama ini saya transfer dari usd ke idr bank indo tidak ada fee admin bank indo. Fee dari transferwise saja. Simulasi fee nya bisa dilihat di halaman depan transferwise. Per 1000usd fee sekitar 10usd lgsg dipotong dari usd yang kita kirim (jadi dapatnya 1000-10usd)

      Delete
    2. Ok. Thank you untuk klarifikasinya.

      Delete
  8. hi mba! saya ingin bertanya kalo menerima gaji dari luar negeri mba kirimnya ke rekening bank Indonesia kah? kalau iya bank apa dan bagaimana prosedur serta biayanya? saya juga berkantor d luar akan tetapi masih bingung apakah bisa mereka kirim gaji saya ke rek bank indonesia saya.

    mohon penjelesannya ya mba,
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi. tergantung perusahaan Anda, tanyakan saja bisa atau tidak. kalau bisa tanyakan juga apakah ada fee yang dibebankan kepada Anda. Kalau saya sendiri lebih suka menerima dalam bentuk usd, caranya dengan membuat borderless account transferwise lalu nanti Anda akan punya rekening muoticurrency salah satunya dalam bentuk USD. https://transferwise.com/gb/borderless/card Rekening itu tinggal disetorkan ke perusahaan saja. Tiap bulan tinggal di transfer ke rek bank indo, lumayan jadi kayak nabung usd.

      Delete
  9. Halo kak, mau tanya dong saya bener kebingungan dgn masalah ini, saya terima email dari hsbc singapure tgl 2 september 2020 ini ada pengiriman uang ke rekening cimb saya, namun sampai saat ini dana tersebut blm masuk juga, nah kebetulan beberapa rekan saya sudah terima dana tersebut dr tgl 3 nya, saya sudah cek data saya khususnya rekening saya itu benar,ini knp ya kak..? Mohon informasi nya kak.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya kurang tahu ya, coba tanyakan pada pengirim karena biasanya pengirim kan ada notifikasi status apakah pembayaran berhasil atau tidak.

      Delete
  10. Mau tanya Mbak Kalau Tranfer Uang Langsung antar Bank Di Canada ke Mandiri Indonesia bisa gak? Dalam jangka waktu berapa hari...
    Ada fee /potongan yg harus dibayar kan gak bagi si penerima di Indonesia....

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya bisa. Kalau wire transfer paling cepet biasanya 3 hari. Yang jelas pasti akan ada biaya dari bank pengirim maupun penerima, untuk besarannya silahkan cek di bank yang terkait karena saya tidak tahu detilnya.

      Delete
  11. klo ada yg kirim duit dr luar negeri ke OVO langsug,,bisa gak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transferwise bisa kok langsung ke ewallet Indonesia, Gopay,Ovo,Dana bisa

      Delete
  12. Saya ada yg TF dri Malaysia ke rek BRI saya 6 milyar lebih, trus ada pihak PPATK tlpon meminta uang administrasi sebesar 1,2 jta, apakah itu benar ada surat kayak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow! saya belum pernah dapat transferan senilai tersebut jadi saya tidak tahu pasti prosesnya seperti apa. Tapi yang jelas 6 M itu sudah melebihi dari batas transaksi perbankan antarnegara. Kalau ada pemberitahuan dari pihak manapun, pastikan dalam bentuk surat menyurat, bukan telpon dan pihak bank seharusnya juga memberi informasi.

      Delete
  13. Hi kak mau nanya, aku mau dikirimin uang dari UEA Arab, tapi masih bingung kalau pakai transferwise apa si pengirim harus membuat account transferwise juga ya? Apa dua-duanya harus buat account baik penerima ataupun pengirim? Mohon dibantu ka, aku bener2 bingung. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak harus. Uangnya dalam mata uang apa? sebaiknya si saya saranin pakai mata uang dollar

      Delete
  14. Hi kak, mau tanya dong. Aplikasi apa yang ada layanan utk penerimaan uang dari Thailand selain WU? Dan bank apa yang fee nya murah utk nerima kiriman uang dr luar negeri ya?

    Terimakasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam mata uang apa ya? Kalau dalam dollar bisa pakai transferwise, biayanya bisa lebih murah. Kalau bank konvensional biaya potongan cukup besar dan lagi nilai kurs nya bakal banyak berkurang

      Delete
    2. Dalam mata uang bath kak, biasanya saya pakai WU sih. Cuma ini lagi mau nyoba kirim via bank to bank Indonesia. Tapi masih bingung bank Indonesia yang mana yang fee nya murah hmmm ada recommend bank yang murah gak kak?

      Delete
    3. saya belum pernah pakai fasilitas bank to bank. Tapi mungkin bisa dicoba CIMB Niaga mengingat dia base nya kan Malaysia, siapa tahu biayanya bisa lebih murah. Tapi coba tanya bank nya dulu ya, maaf kalau kurang membantu

      Delete
    4. CIMB niaga ya mba, kmrin sih jg ada yg rekomen bank itu ke saya juga . Oke deh kak Ntar saya cek lagi mengenai fee dr cimb niaga nya.
      Terimakasih untuk informasi nya ya kak, salam kenal :)

      Delete
  15. hallo kak,aku mau dikirimin uang mrnggunakan bank canada, di data tidak menggunakan swiftcode, hanya minta branch code aja, tpi kenapa selalu gagal ya karna dstatus pengiriman pending trus,ksalahanya dmana ya kak? dan kalo pun itu berhasil kira2 perlu berpa hari untuk masuk ke rekening Bca saya ya?? mohon infonya dan trims kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kok bisa tidak diminta swift? Seharusnya untuk transfer internasional bank to bank perlu swift dan atau iban. Untuk waktu proses tiap bank pasti beda, yang jelas akan memakan waktu beberapa hari kerja.

      Delete
  16. Hallo kak, mau tanya.
    Suami sya bekerja di laut dan meminta sya untk menghubungi Manager Bitforez untk meminta mereka mengirimkan uang suami sya kerekning bank sya $50,000 USD dan katanya manager bitforez sudah kirim ke rekening saya tapi dipending dlu karena saya harus membayar fee $200.
    Dan saya disuruh transfer ke salahsatu Akun Bank.
    Apakah itu benar atau tidak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Aku jg gtu. Mesti tf ke bank dalam negeri jg. Itu gimana yah?

      Delete
    2. Mbak/Ibu, coba dilihat dulu itu Bitforez ada situsnya tidak? Ada testimoninya tidak? Saya belum pernah dengar nama Bitforez. Kalau mau ngecek bilang saja ke mereka kalau 200usdnya minta dipotong dari yang 50,000 usd. Kalau merek tidak mau ya aneh donk,
      . Wire transfer jika dikenakan biaya ke penerima seharusnya bisa langsung terpotong dari nominal yg ditransferkan. Hati2.

      Delete
  17. Hallo ka, mau tanya.
    Saya akan dikirimkan uang dari london menggunakan bank barclays ke bca saya dgn nominal £80.000, lalu saya di suruh membayar 10juta rupiah untuk nilai tukarnya.
    Mohon infonya ka, ini penipuan atau bagaimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari mana asal usul penentuan 10 juta itu? Kalau ada biaya dari pihak bank pasti kita bisa minta untuk dipotongkan langsung saja dari nominal transfer tanpa harus keluar uang sendiri

      Delete
    2. Kak, kalo boleh tau kk disuruh bayar 10jt itu diberitahu lewat apa ya? Apakah lewat whatsapp?

      Delete
  18. Maaf mbak mau tanya, pacar saya mau kirim uang dari italy ke bank BNI saya bisa ngak ya? Caranya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa donk, tinggal pacaranya datang langsung saja ke bank disana dan minta untuk transfer ke BNI. nanti kamu akan diminta untuk nomor swift dan iban. Kalau ingin yang biayanya murah bisa pakai aplikasi transferwise https://transferwise.com/invite/i/hanifw

      Delete
  19. Hallo Mba saya mau tanya nih apakah kebijakan terima dana TT Bank dari luar negeri ke Bank BCA membutuhkan ID ( KTP penerima ). Saya mau dapat transferan dana dari pembeli luar negeri setelah saya kirim data lengkap No Rek bank BCA dan Code swift dan Invoice saya tapi masih meminta ID KTP itu aman nggak yah..
    Mohon jawabanya terimakasih. Dan share donk pengalaman terima dana dati pembeli via TT antar bank dari luar negeri 😊🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa iya bisa tidak. Sebaiknya minta orgnya menunjukkan secara tertulis bahwa ada syarat tersebut atau minta alternatif verifikasi lainnya seperti NPWP yang relatif lebih aman untuk disalahgunakan.

      Delete
  20. halo, mau ikut nimbrung nih,, kemarin aq baru dapet kiriman uang dari temenku di eropa. dia transfer 11juta pake moneygram. biaya potongan sekitar 300ribu. padahal di transferwise biaya potongan cuma 20-50rb. sayang dia ga mau pake transferwise. hiks.. eman-eman bgt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang banget! Terimakasih udah mau sharing.

      Delete
  21. Salam...kak mau tanya.,.suamiku kerja di prancis..selama ini selalu kirim uang lewat WU .
    Kami rasakan biayanya lumayan juga..dari pihak pengirim.
    Ini mau coba tranver bank to bank..
    Jika lewat bca gmna ya?? Apakah mungkin lebih murah dari WU?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transfer antarbank atau yg sering disebut wire transfer biasanya setau saya lebih mahal dari WU. Apalagi nilai kursnya juga pasti beda. Saya selama ini kirim uang dari Inggris selalu pakai transferwise. Biaya jauuuuh lebih murah. Sangat mudah dan aman terpercaya. Sampai ke rekening bank Indonesia hanya dalam waktu beberapa jam. Silahkan dicoba https://transferwise.com/invite/i/hanifw

      Delete
  22. Kak sebenernya aku masuk bingung, kalau pake transferwise itu kan bisa nyesuaiin mata uang. Ini kondisinya aku penerima, yang kirim dari USA. Mereka nanti tetep pake yang USD atau IDR? Terus kan aku pakenya BCA. Yang perlu di kasihkan datanya nomer rekeningnya aja dan swift codenya atau bagaimana kak? Baru mau pertama kali soalnya. Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, jadi gini. Kamu kan mau nerima uang USD dari org di US. Nah, kamu bikin dulu transferwise borderless account https://transferwise.com/gb/multi-currency-account/ Nanti kamu akan punya rekening bank USD. Kasi detilnya ke pengirim. Setelah kamu terima uangnya baru deh kamu kirim ke rek BCA mu sendiri dari akun transferwisemu https://transferwise.com/invite/i/hanifw

      Delete
  23. Halo selamat siang. Mau tanya nih saya ada kasus tentang pengiriman dari luar negeri oleh orang tua saya ke rekening saya BCA.
    Sementara.. No rekening & nama nya sudah benar tapi nama bank salah input. Seharusnya bank BCA. Ini malah bank BCA syariah.
    Tapi bukti transferan nya sudah berhasil.
    Apakah uang itu tetap masuk ke rekening saya atau balik lagi ke orang tua saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk transfer internasional setahu saya yg penting IBAN, SWIFT CODE dan nomor rekening yang diinput benar sudah pasti berhasil. Kalaupun gagal ya pasti balik ke rekening pengirim

      Delete
  24. untuk transfer internasional setahu saya yg penting IBAN, SWIFT CODE dan nomor rekening benar sudah pasti berhasil

    ReplyDelete
  25. Hello, mau nanya nih..saya kan mau terima uang dari mata uang euro dan saya sebagai penerima apa cukup memberikan informasi ke pengirim nomor rekening bank saja atau di perlukan juga nomor IBAN dan SWIFT nya? Bukan kah kalau kode IBAN hanya di perlukan dari bank di negara eropa saja ya? Setau saya hanya cukup berikan kode SWIFT nya saja ya Min?
    Ada satu lagi pertanyaan nih Min, saya baca² info katanya TransferWise bisa kirim juga ke e-wallet di indo ya seperti OVO,GoPay,Dana? tapi saya sarankan itu ke si pengirim katanya opsi itu tdk ada, apa iya sudah tdk bisa lagi ya Min?

    ReplyDelete
  26. Hello, mau nanya nih..saya kan mau terima uang dari mata uang euro dan saya sebagai penerima apa cukup memberikan informasi ke pengirim nomor rekening bank saja atau di perlukan juga nomor IBAN dan SWIFT nya? Bukan kah kalau kode IBAN hanya di perlukan dari bank di negara eropa saja ya? Setau saya hanya cukup berikan kode SWIFT nya saja ya Min?
    Ada satu lagi pertanyaan nih Min, saya baca² info katanya TransferWise bisa kirim juga ke e-wallet di indo ya seperti OVO,GoPay,Dana? tapi saya sarankan itu ke si pengirim katanya opsi itu tdk ada, apa iya sudah tdk bisa lagi ya Min?

    ReplyDelete
  27. Hello, mau nanya nih..saya kan mau terima uang dari mata uang euro dan saya sebagai penerima apa cukup memberikan informasi ke pengirim nomor rekening bank saja atau di perlukan juga nomor IBAN dan SWIFT nya? Bukan kah kalau kode IBAN hanya di perlukan dari bank di negara eropa saja ya? Setau saya hanya cukup berikan kode SWIFT nya saja ya Min?
    Ada satu lagi pertanyaan nih Min, saya baca² info katanya TransferWise bisa kirim juga ke e-wallet di indo ya seperti OVO,GoPay,Dana? tapi saya sarankan itu ke si pengirim katanya opsi itu tdk ada, apa iya sudah tdk bisa lagi ya Min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung. Kalo dalam Eropa uda pasti pake IBAN. Kalo ke luar bisa SWIFT saja atau SWIFT dan IBAN. Di akun transferwise saya (btw skrg namanya ganti jadi Wise aja) masih bisa kok kirim ke ewallet Indonesia.

      Delete
  28. Hi kak aku mau tanya, aku kan kerja utk company Malaysia namun remote dr Indo, oleh karena itu mereka transfer nya dari Bank sana dan dalam bentuk MYR, bulan lalu gaji full pertama saya pakai BCA utk terima tapi potongannya besar banget sampai ± 650rb. Kalau pake TransferWise ini, apakah bisa terima trf MYR ke IDR? Saya cek di appnya tidak ada account utk MYR ya (perlu data sprti bank account dll utk keperluan trf salary). Kira-kira kakak ada saran gak, saya bingung sekali 😭

    ReplyDelete
  29. Untuk perorangan, berapa maximal USD per bulan, perlu document apa saja?

    ReplyDelete
  30. Selamat siang mba Hani, sebelumnya terima kasih sudah berkenan utk sharing. Sy mau bertanya mba, ini kali pertama sy dapat kiriman uang dr luar (sg dolar) si pengirim mengirimkan dr bank digibank sg ke bank bca, dalam rentan waktu berapa lama sy bisa terima uang tsb ya mba? Dan swift code itu apa dan bagaimana dapatinnya mba Hani? Apakah ada batasan limit utk sekali transfer? Mohon pencerahannya. Makasih mba Hani. :)

    ReplyDelete
  31. Hallo ka sya mau nanya.transferwise dri turki bisa ga ya? trs kalau kita nerimanya pakai e wallet, misalkn ovo, itu e wallet number nya yg mana ya. Terimakasih.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete