Tuhan Maha Tahu Tapi Dia Menunggu (Review)

Wednesday 2 May 2012

UPDATE 2023 
Temukan link pembelian buku dan novel karya Leo Tolstoy di bagian akhir tulisan

DATA BUKU
Judul Buku : Kumpulan Cerpen; Tuhan Maha Tahu Tapi Dia Menunggu
Pengarang : Leo Tolstoy
Penerbit : Jalasutra
Tebal : 398 halaman
Penerjemah : Anton Kurnia

cover novel Leo Tolstoy


Berkenalan dengan Leo Tolstoy

Leo Tolstoy adalah seorang penulis Rusia yang dianggap sebagai salah satu penulis terbesar dalam sejarah sastra dunia. Ia lahir pada 9 September 1828 di Yasnaya Polyana, Rusia, dan meninggal pada 20 November 1910. Tolstoy dikenal karena karyanya yang epik dan mendalam, yang mencakup novel-novel terkenal seperti "War and Peace" (Perang dan Perdamaian) dan "Anna Karenina."

Karya-karya Tolstoy sering menggambarkan kehidupan dan masyarakat Rusia pada abad ke-19, dan ia diakui karena kemampuannya menggambarkan karakter dan perasaan manusia dengan sangat mendalam. Selain itu, Tolstoy juga terkenal karena pandangan filosofis dan sosialnya yang kuat. Ia mempertimbangkan gagasan-gagasan tentang non-kekerasan, keadilan sosial, dan agama, dan karyanya sering mencerminkan pemikirannya tentang masalah-masalah ini.

Salah satu karyanya yang paling terkenal, "War and Peace," adalah sebuah novel sejarah epik yang menggambarkan peristiwa-peristiwa selama Perang Napoleon dan dampaknya terhadap masyarakat Rusia. Sementara itu, "Anna Karenina" adalah sebuah novel tragis yang menggambarkan konflik dalam kehidupan karakter utamanya, Anna Karenina.

Leo Tolstoy bukan hanya seorang penulis besar, tetapi juga seorang pemikir sosial yang berpengaruh. Pemikirannya tentang non-kekerasan dan keadilan sosial memengaruhi banyak tokoh sejarah dan gerakan sosial, termasuk Mahatma Gandhi dan Martin Luther King Jr. Tolstoy meninggal pada usia 82 tahun, tetapi karyanya terus dihargai dan dipelajari oleh generasi-generasi berikutnya.

Menemukan Novel Leo Tolstoy Secara Tidak Sengaja

Jujur, ini adalah karangan Leo Tolstoy pertama yang saya baca, tidak sengaja nemu di rak paling bawah suatu toko buku tertentu di Yogyakarta.

Buku ini merupakan kumpulan cerita pendek Leo Tolstoy. Di dalamnya ada 11 cerita pendek yang menurut saya luar biasa. Awalnya saya takut, jangan-jangan buku yang saya pegang ini adalah buku fiksi yang berat karena pengarangnya merupakan sastrawan besar yang memengaruhi perkembangan sastra dunia. Ternyata, yang saya dapatkan justru sebuah karya yang sangat ringan namun tetap elegan dan sarat makna.

Dalam buku ini, cerita pendek yang terkenal adalah Matinya Ivan Ilyich. Cerpen ini mengisahkan tentang Ivan Ilyich dalam menghadapi kematiannya yang semakin mendekat dalam gerak lambat. Di sini kita bisa melihat bagaimana kondisi psikologis orang yang sakit parah dalam menghadapi dirinya sendiri dan kematian yang menghantui. Sudut pandang yang menurut saya unik tapi realistis.

Review Cerita Pendek Leo Tolstoy

Cerpen yang paling saya suka adalah Berapa Luaskah Tanah yang Diperlukan Seseorang? Cerpen ini menceritakan tentang seorang petani yang tidak pernah puas dengan luas tanah yang dimilikinya. Dengan gaya bercerita yang lugas, cerita Leo Tolstoy tetap tidak tertebak akhirnya. Saya selaku terkesima dengan ending yang tidak tertebak tapi lagi-lagi tetap logis dan reliatis.

Sembilan cerpen yang lain juga tidak kalah menarik, membuat buku ini habis dalam sekali perjalanan Jogja-Surabaya (kira-kira 8 jam). Judul cerpen yang lain antara lain Ilyas,Sebutir Gandum dari Tanah Tuhan,Setelah Pesta Dansa, Alyosha,Tuhan Maha Tahu, Tapi Dia Menunggu, Tujuh Belas Tahun Kemudian, Ziarah,Kebahagiaan Keluarga,dan Tuhan dan Manusia.

Dalam semua cerpennnya selalu ada nilai-nilai religius yang universal dan moral. Saya jadi ingat guru Bahasa Indonesia saya dulu pernah bilang bahwa karya sastra yang baik adalah karya sastra yang mampu menyampaikan pesan moral dengan baik. Tidak hanya menghibur tapi juga mampu memberikan pencerahan.

Satu lagi, yang membuat buku ini layak dibaca adalah terjemahannya yang bagus. Permasalahan yang sering muncul ketika membaca buku dari luar negeri adalah bahasa. Banyak sekali buku terjemahan yang terkadang kalimat-kalimatnya terasa sumbang namun saya tidak menemukannya di buku ini.

Sejak saat itu saya ketagihan membaca karya-karya Leo Tolstoy yang lain. Berikut ini beberapa daftar buku atau novel Leo Tolstoy original beserta link pembeliannya. 


Semoga membantu.

4 comments :

  1. Saya pernah membaca buku ini dan cerpen2 di dalamnya. Tapi kok lupa semua jalan ceritanya ya. Thanks telah mengingatkan :)

    ReplyDelete
  2. kusuma wardhani4 May 2012 at 12:16

    wow nice, sama-sama, thanks for reading

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum, pertama kali saya membaca judulnya Tuan dan Hamba (leo tolstoy bukan ya?); kemudian Setan Kecil dan Roti Petani; dan beberapa kumpulan cerpen. saya sudah bertahun-tahun baik di bursa buku lama maupun baru; kalau menemukan minta share ya mbak. thank you

    ReplyDelete
  4. waalaikumussalam. iya novel maupun kumpulan cerita Leo Tolstoy sudah jarang saya temui baik di toko buku bekas maupun toko buku besar. Anna karenina masih saya temui di salah stau toko kenamaan. kbyakan saya menemukan versi epub tapi berbayar. Hehe, biasanya saya aktif untuk menanyakan ke gudang toko buku atau keliling perpus cari pinjaman, tapi tetep pengennya punya sendiri. Hehe. coba join ke forum buku kaskus, biasanya saya dapat tempat hunting buku dari situ

    ReplyDelete